Follow Us @whanifalkirom

Sabtu, 07 Desember 2013

Multiple Intelligences

Kapan sich sebenarnya puncak karir seorang Dicky Candra? Interviewer berbaju merah itu bertanya sopan.

Saya selalu menegaskan kepada anak-anak didik saya di sini, kepada seluruh masyarakat Indonesia juga, bahwa saya bukan seorang teladan yang baik dalam hal karir. Jadi, saya bukan seorang yang ‘sebaiknya’ ditiru. Saya berpesan kepada siapa saja, untuk berfokus pada satu potensi yang dikembangkan maksimal. Tidak seperti saya, main sinetron ayo, bermusik ayo, jadi komedian ayo.. Meski kelihatannya jadi seorang yang multitalent, tapi ketika seperti tadi ditanya ‘kapan puncak karir’ saya tidak pernah merasakannya. Ya, tidak apalah saya menjadi ‘korban’, bisa menjadi pelajaran bagi yang lain” TV One, 3 Juli 2013
(tidak sama persis, sedikit tambahan & pengurangan kata)
***
Tepat sekali. Ibarat kita duduk di antara dua kursi, posisinya tentu tidak akan nyaman dan tidak akan bertahan, bukan?
Setiap manusia terlahir berbakat, dengan potensi yang unik. Tak ada yang sama antara satu dengan yang lain. masing-masing mempunyai sifat, karakter, kelebihan, & kelemahan yang berbeda-beda. Pada intinya, tidak ada manusia yang bodoh.
Salah seorang tokoh psikologi pendidikan, Howard Gardner, mengemukakan gagasannya tentang “Multiple Intelligences”. Ada tujuh (kemudian dikembangkan menjadi delapan) jenis kecerdasan yang dimiliki manusia, yaitu :

1.    Verbal/Linguistic Intelligence
Kecerdasan ini ditunjukkan dengan kepekaan seseorang pada bunyi, struktur, makna, fungsi kata, dan bahasa. Orang atau anak yang memiliki kecerdasan ini cenderung menyukai dan efektif dalam hal :
a.     Berkomunikasi lisan dan tulisan
b.    Mengarang cerita
c.     Diskusi & mengikuti debat suatu masalah
d.    Belajar bahasa asing
e.     Bermain “game” bahasa
f.      Membaca dengan pemahaman tinggi
g.     Mudah mengingat kutipan, ucapan ahli, pakar, ayat
h.    Tidak mudah salah tulis atau salah eja
i.      Pandai membuat lelucon
j.      Pandai membuat puisi
k.    Tepat dalam tata bahasa
l.      Kaya kosa kata

2.    Logical/mathematical Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dengan kepekaan pada pola-pola logis dan memiliki kemampuan mencerna pola-pola tsb, termasuk juga numerik serta mampu mengolah alur pemikiran yg panjang.  Seseorang yg memiliki kecerdasan ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.     Menghitung, menganalisis hitungan
b.    Menemukan fungsi2 dan hubungan
c.     Memperkirakan / memprediksikan
d.    Bereksperimen
e.     Mencari jalan keluar yg logis
f.      Menemukan adanya pola
g.     Induksi dan dedikasi
h.    Mengorganisasikan (membuat garis besar/kesimpulan)
i.      Mengatur strategi (membuat langkah2)
j.      Bermain permainan yg perlu strategi
k.    Berpikir abstrak dan menggunakan simbol abstrak
l.      Menggunakan algoritme

3.    Visual/Spatial Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kepekaan mempersepsi dunia spasial-visual scr akurat dan mentransformasi persepsi awal. Seseorang yg memiliki kecerdasan ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.     Arsitek bangunan
b.    Dekorasi
c.     Apresiasi seni, desain, denah
d.    Membuat dan membaca chart, peta
e.     Koordinasi warna
f.      Membuat bentuk, patung dan desain tiga dimensi lainnya
g.     Menciptakan dan interpretasi grafik
h.    Desain interior
i.      Dapat membayangkan scr detail benda-benda
j.      Pandai navigasi, arah
k.    Melukis, membuat sketsa
l.      Bermain game ruang
m.  Berpikir dlm image atau bentuk
n.    Memindahkan bentuk dlm angan-angan

4.    Bodily / Kinestetic Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek. Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.     Mengekpresikan dlm mimik atau gaya
b.    Atletik
c.     Menari dan menata tari
d.    Kuat dan terampil dlm motorik halus
e.     Koordinasi tangan dan mata
f.      Motorik kasar dan daya tahan
g.     Mudah belajar dg melakukan (praktek)
h.    Mudah memanipulasi benda2 (dg tangan)
i.      Membuat gerak gerik yg anggun
j.      Pandai menggunakan bahasa tubuh

5.    Musical / Rhytmic Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kemampuan menciptakan dan mengapresiasi irama pola titinada, dan warna nada; apresiasi bentuk2 ekspresi musikal. Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.     Menyusun/mengarang melodi dan lirik
b.    Bernyanyi kecil, menyanyi dan bersiul
c.     Mudah mengenal ritme
d.    Belajar dan mengingat irama, lirik
e.     Menyukai mendengarkan dan mengapresiasi musik
f.      Memainkan instrumen musik
g.     Mengenali bunyi instrumen
h.    Mampu membaca musik (not balok, dll)
i.      Mengetukkan tangan, kaki
j.      Memahami struktur musik

6.    Interpersonal Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kemampuan dan merespon secara tepat suasana hati, temperamen, motivasi, dan keinginan orang lain. Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.     Mengasuh dan mendidik orang lain
b.    Berkomunikasi
c.     Berinteraksi
d.    Berempati dan bersimpati
e.     Memimpin dan mengorganisasikan kelompok
f.      Berteman
g.     Menyelesaikan dan menjadi mediator konflik
h.    Menghormati pendapat dan hak org lain
i.      Melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang
j.      Sensitif atau peka pd minat dan motif orang lain
k.    Mudah bekerjasama dalam tim

7.    Intrapersonal Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kemampuan memahami perasaan diri sendiri dan kemampuan membedakan emosi; pengetahuan ttg kekuatan dan kelemahan diri. Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.     Berfantasi “bermimpi”
b.    Menjelaskan tata nilai dan kepercayaan
c.     Mengontrol perasaan
d.    Mengembangkan keyakinan dan opini yg ada
e.     Menyukai waktu utk menyendiri, berpikir, dan merenung
f.      Introspeksi
g.     Mengetahui dan mengelola minat dan perasaan
h.    Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri
i.      Memotivasi diri
j.      Mematok tujuan diri yg realistis
k.    Memahami konflik dan motivasi diri

8.    Naturalist Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg keahlian membedakan anggota-anggota suatu spesies; mengenali eksistensi spesies lain, dan menentukan hubungan antara beberapa spesies, baik secara formal maupun informal. Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.     Menganalisis persamaan dan perbedaan
b.    Menyukai tumbuhan dan hewan
c.     Mengklasifikasi flora dan fauna
d.    Mengoleksi flora dan fauna
e.     Menemukan pola dlm alam
f.      Mengidentifikasi pola dlm alam
g.     Melihat sesuatu dlm alam secara detail
h.    Meramal cuaca
i.      Menjaga lingkungan
j.      Mengenali berbagai macam spesies
k.    Memahami ketergantungan lingkungan
l.      Melatih dan menjinakkan hewan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar