Kapan
sich sebenarnya puncak karir seorang Dicky Candra? Interviewer berbaju merah
itu bertanya sopan.
“Saya
selalu menegaskan kepada anak-anak didik saya di sini, kepada seluruh
masyarakat Indonesia juga, bahwa saya bukan seorang teladan yang baik dalam hal
karir. Jadi, saya bukan seorang yang ‘sebaiknya’ ditiru. Saya berpesan kepada
siapa saja, untuk berfokus pada satu potensi yang dikembangkan maksimal. Tidak
seperti saya, main sinetron ayo, bermusik ayo, jadi komedian ayo.. Meski
kelihatannya jadi seorang yang multitalent, tapi ketika seperti tadi ditanya
‘kapan puncak karir’ saya tidak pernah merasakannya. Ya, tidak apalah saya
menjadi ‘korban’, bisa menjadi pelajaran bagi yang lain” TV One, 3 Juli
2013
***
Tepat
sekali. Ibarat kita duduk di antara dua kursi, posisinya tentu tidak akan
nyaman dan tidak akan bertahan, bukan?
Setiap
manusia terlahir berbakat, dengan potensi yang unik. Tak ada yang sama antara
satu dengan yang lain. masing-masing mempunyai sifat, karakter, kelebihan,
& kelemahan yang berbeda-beda. Pada intinya, tidak ada manusia yang bodoh.
Salah
seorang tokoh psikologi pendidikan, Howard Gardner, mengemukakan gagasannya
tentang “Multiple Intelligences”. Ada tujuh (kemudian dikembangkan menjadi
delapan) jenis kecerdasan yang dimiliki manusia, yaitu :
1.
Verbal/Linguistic
Intelligence
Kecerdasan
ini ditunjukkan dengan
kepekaan seseorang pada bunyi,
struktur, makna, fungsi kata, dan bahasa. Orang atau anak yang
memiliki kecerdasan ini cenderung menyukai dan efektif dalam hal :
a.
Berkomunikasi
lisan dan tulisan
b.
Mengarang
cerita
c.
Diskusi
& mengikuti debat suatu masalah
d.
Belajar
bahasa asing
e.
Bermain
“game” bahasa
f.
Membaca
dengan
pemahaman tinggi
g.
Mudah
mengingat kutipan, ucapan ahli, pakar, ayat
h.
Tidak
mudah salah tulis atau salah eja
i.
Pandai
membuat lelucon
j.
Pandai
membuat puisi
k.
Tepat dalam tata bahasa
l.
Kaya
kosa kata
2.
Logical/mathematical
Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dengan
kepekaan pada
pola-pola logis dan memiliki kemampuan mencerna pola-pola tsb, termasuk juga
numerik serta mampu mengolah alur pemikiran yg panjang. Seseorang yg memiliki kecerdasan ini
cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.
Menghitung, menganalisis hitungan
b.
Menemukan
fungsi2 dan hubungan
c.
Memperkirakan
/ memprediksikan
d.
Bereksperimen
e.
Mencari
jalan keluar yg logis
f.
Menemukan
adanya pola
g.
Induksi
dan dedikasi
h.
Mengorganisasikan
(membuat garis besar/kesimpulan)
i.
Mengatur
strategi (membuat langkah2)
j.
Bermain
permainan yg perlu strategi
k.
Berpikir
abstrak dan menggunakan simbol abstrak
l.
Menggunakan
algoritme
3.
Visual/Spatial
Intelligence
Kecerdasan
ini ditandai dg kepekaan mempersepsi dunia spasial-visual scr akurat dan
mentransformasi persepsi awal. Seseorang yg memiliki kecerdasan ini cenderung
menyukai dan efektif dlm hal :
a.
Arsitek
bangunan
b.
Dekorasi
c.
Apresiasi
seni, desain, denah
d.
Membuat
dan membaca chart, peta
e.
Koordinasi
warna
f.
Membuat
bentuk, patung dan desain tiga dimensi lainnya
g.
Menciptakan
dan interpretasi grafik
h.
Desain
interior
i.
Dapat
membayangkan scr detail benda-benda
j.
Pandai
navigasi, arah
k.
Melukis,
membuat sketsa
l.
Bermain
game ruang
m.
Berpikir
dlm image atau bentuk
n.
Memindahkan
bentuk dlm angan-angan
4.
Bodily
/ Kinestetic Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kemampuan mengontrol gerak tubuh dan
kemahiran mengelola objek. Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai
dan efektif dlm hal :
a.
Mengekpresikan
dlm mimik atau gaya
b.
Atletik
c.
Menari
dan menata tari
d.
Kuat
dan terampil dlm motorik halus
e.
Koordinasi
tangan dan mata
f.
Motorik
kasar dan daya tahan
g.
Mudah
belajar dg melakukan (praktek)
h.
Mudah
memanipulasi benda2 (dg tangan)
i.
Membuat
gerak gerik yg anggun
j.
Pandai menggunakan
bahasa tubuh
5.
Musical
/ Rhytmic Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kemampuan menciptakan dan mengapresiasi irama
pola titinada, dan warna nada; apresiasi bentuk2 ekspresi musikal. Seseorang yg
cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.
Menyusun/mengarang
melodi dan lirik
b.
Bernyanyi
kecil, menyanyi dan bersiul
c.
Mudah
mengenal ritme
d.
Belajar
dan mengingat irama, lirik
e.
Menyukai
mendengarkan dan mengapresiasi musik
f.
Memainkan
instrumen musik
g.
Mengenali
bunyi instrumen
h.
Mampu
membaca musik (not balok, dll)
i.
Mengetukkan
tangan, kaki
j.
Memahami
struktur musik
6.
Interpersonal
Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kemampuan dan merespon secara tepat suasana
hati, temperamen, motivasi, dan keinginan orang lain. Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung
menyukai dan efektif dlm hal :
a.
Mengasuh
dan mendidik orang lain
b.
Berkomunikasi
c.
Berinteraksi
d.
Berempati
dan bersimpati
e.
Memimpin
dan mengorganisasikan kelompok
f.
Berteman
g.
Menyelesaikan
dan menjadi mediator konflik
h.
Menghormati
pendapat dan hak org lain
i.
Melihat
sesuatu dari
berbagai sudut pandang
j.
Sensitif
atau peka pd minat dan motif orang lain
k.
Mudah bekerjasama dalam tim
7.
Intrapersonal
Intelligence
Kecerdasan ini ditandai dg kemampuan memahami perasaan diri sendiri dan
kemampuan membedakan emosi; pengetahuan ttg kekuatan dan kelemahan diri.
Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai dan efektif dlm hal :
a.
Berfantasi
“bermimpi”
b.
Menjelaskan
tata nilai dan kepercayaan
c.
Mengontrol
perasaan
d.
Mengembangkan
keyakinan dan opini yg ada
e.
Menyukai
waktu utk menyendiri, berpikir, dan merenung
f.
Introspeksi
g.
Mengetahui
dan mengelola minat dan perasaan
h.
Mengetahui
kekuatan dan kelemahan diri
i.
Memotivasi
diri
j.
Mematok
tujuan diri yg realistis
k.
Memahami
konflik dan motivasi diri
8.
Naturalist
Intelligence
Kecerdasan
ini ditandai dg keahlian membedakan anggota-anggota suatu spesies; mengenali eksistensi spesies lain, dan
menentukan hubungan antara
beberapa spesies, baik secara formal
maupun informal. Seseorang yg cerdas dlm jenis ini cenderung menyukai dan
efektif dlm hal :
a.
Menganalisis
persamaan dan perbedaan
b.
Menyukai
tumbuhan dan hewan
c.
Mengklasifikasi
flora dan fauna
d.
Mengoleksi
flora dan fauna
e.
Menemukan
pola dlm alam
f.
Mengidentifikasi
pola dlm alam
g.
Melihat
sesuatu dlm alam secara detail
h.
Meramal
cuaca
i.
Menjaga
lingkungan
j.
Mengenali
berbagai macam spesies
k.
Memahami
ketergantungan lingkungan
l.
Melatih
dan menjinakkan
hewan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar