Follow Us @whanifalkirom

Jumat, 30 Mei 2014

Bekal Kehidupan Seorang Muslim (Empat Hadits)

Empat hadits inti yang cukup menjadi bekal kehidupan seorang muslim :
Hadits Pertama, Innamal a'mal bin-niyah. Bahwa segala tindakan, segala ekspresi dan apresiasi, tergantung kepada niat. Yakni jika niatnya baik, maka dihitung baik, dan begitu sebaliknya. Atau jika tidak ada niat maka lewat begitu saja.
Hadits Kedua, min husni Islamil mar'i tarkuhu maa laa ya'nih. Bahwa jika kita ingin kualitas keislaman kita bagus, jadi muslim yang baik, maka tinggalkan segala hal yang tidak perlu dan tidak penting. Kerjakan lebih dulu yang menjadi prioritas. Sebab terus terang kita masih cukup banyak mengurusi hal-hal tak penting.
Hadits Ketiga, laa yu'minu ahadukum hatta yuhibba li akhihi maa yuhibbu li nafsih. Bahwa seseorang imannya belum mencapai kesempurnaan jika belum bisa gembira saat melihat saudaranya sesama muslim meraih kesuksesan. Maksudnya, kalau kita sukses, kita juga mesti seneng saat melihat yang lain juga sukses. Atau bahagia saat orang lain sesukses kita. Maka kualitas pribadi muslim yang masih suka melakukan hal-hal tak penting atau kerap iri, mulai sekarang harus kita ubah pelan-pelan.
Hadits Keempat, al-halal bayyin, wal harom bayyin. Segala hal yang halal itu sudah jelas, yang diharamkan agama juga sudah jelas. Namun kenyataannya tak sedikit di antara kita masih membingungkan hal-hal yang sudah jelas halalnya/haramnya. Malah menerjang yang diharamkan.
Andai kata seseorang tidak belajar hadits apapun tapi cukup empat tadi secara mendalam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari maka sudah cukup baginya untuk menempuh kehidupan ini dengan baik. Juga sangat cukup buat keislaman dirinya. (Copast dari http://alawyaly.blogspot.com/2014/01/empat-hadits-inti-dalam-syariat-kita.html)
***
Berbicara tentang hadits, sungguh aku tak punya ilmu apa-apa tentangnya :(. Semoga catatan di atas menjadi sebuah pelecut untuk kita belajar lebih banyak, untuk kita jadikan pemicu supaya menjadi seorang muslim yang baik. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar