Follow Us @whanifalkirom

Rabu, 22 Agustus 2018

Amal Baik


Empat Macam Amal Baik :
1.    Amal baik yang dirasakan
Ia adalah amalan hati. Sebagai contohnya adalah sabar, ikhlas, tawadhu’, wara’, dan lain sebagainya. Meskipun amalan hati, namun belum tentu yang mengamalkan mampu melakukannya dengan sepenuh hati. Contoh dalam keadaan sabar ia mengatakan “Mau bagaimana lagi, keadaannya memang sudah begini, mau ga mau disabar-sabarin”.
2.    Amal baik yang diucapkan
Contohnya adalah berdzikir kepada Allah, membaca Al Qur’an, Memberi nasehat kepada orang lain, dan sebagainya.
3.    Amal baik yang ditindakkan
Contohnya adalah membantu orang lain yang berada dalam kesulitan, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi jalan, Membersihkan tempat-tempat atau benda-benda yang kotor, dan sebagainya.
4.    Amal baik yang diberikan
Contohnya adalah memberikan sesuatu yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan, berinfaq di jalan Allah, bersedekah, dan lain sebagainya.

Cintailah kebaikan-kebaikan tersebut, sampai kebaikan mencintai kita. Tugas kita adalah membuat hati kita terus terikat dengannya (amal kebaikan), karena keterikatan berarti berat dan keengganan untuk berpisah.

Hati dan amal baik, adalah dua sahabat yang saling mempengaruhi. Jika kita beramal baik dengan sepenuh hati, maka amal akan mempengaruhi hati tersebut, yang kemudian  hati kembali tergerak untuk beramal baik. Amal kebaikan yang sama, yang terus berulang, nilainya akan berbeda, dan terletak pada sepanjang kebaikan itu mempengaruhi hati.

Dan tanda sepenuh hati, adalah cinta.

By. Ustadz Syatori Abdul Rauf (Masjid Nurul Ashri, Deresan, Yogyakarta)
Source : Pixabay.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar